Belajar perdana - Simpul awal,rantai dan tusuk simple crochet

Bismillah... Belajar crochet pertama kali oleh inas di rumah kak dewi itu tentang posisi tangan, simpul awal dan simple croc...


Bismillah...


Belajar crochet pertama kali oleh inas di rumah kak dewi itu tentang posisi tangan, simpul awal dan simple crochet.
Susah? Awalnya iya, bekelok-kelok rantainya. Membuat simpulnya sih mudah. Ketika membuat simple crochet, membuat rantainya aja belok-belok. Sampai mesti bongkar pasang. Rajut lagi, ulang lagi. Tapi pantang menyerah deh pokoknya. Terus diulang dan diulang lagi.

Ada dua macam posisi tangan dalam merajut model crochet ini. Posisi seperti memegang pensil dan posisi seperti memegang pisau. Kalau inas katanya prefer ke posisi seperti menulis dengan pensil. Kalau saya lebih nyaman dengan posisi seperti memegang pisau. Mungkin karena udah terbiasa di dapur?? Ntah juga ya.

Ada banyak macam jenis benang dan ada beberapa jenis jarum. Benang-benang dan jarum ini disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Benang Katun

sumber: id aliexpress


Benang katun merupakan benang yang paling fleksibel. Bisa digunakan untuk membuat apa saja. Seperti foto diatas, rata-rata saya menggunakan benang katun. Benang katun pun ada ukurannya. Ketebalannya dari size paling kecil hingga ke besar. Menyesuaikan juga dengan jarumnya. Kalau benang size kecil hanya bisa memakai jarum dari 2-4 mm saja. Warna-warnanya juga cantik dan lebih awet karena tidak mudah berbulu.

2. Benang Wol

Benang wol biasa - warna campur - pompom

Benang yang paling sering digunakan untuk merajut itu benang wol atau yarn. Memang ya asal muasal crochet itu dari negeri eropa yang memiliki musim dingin, sehingga mereka sering merajut untuk membuat sweater, topi dan syal. Benang wol lebih hangat dan memiliki banyak warna yang unik. Lebih tebal. Tapi lebih mudah berbulu. Sehingga kurang ketahanannya dibanding katun.

3. Benang Nilon


Nah benang nilon ini lebih kuat dan tegang. Paling enak dipakai merajut. Biasanya digunakan untuk membuat tas, dompet dan sejenisnya yang memerlukan benang yang kuat supaya bisa tahan membawa beban berat.

Untuk jarum memiliki ukurannya tersendiri. Ada yang satu jarum terdiri dari dua ukuran. Ada juga yang satu saja. Untuk crochet menggunakan 1 jarum. Gambarnya seperti di bawah ini:




Oke deh, untuk membuat simpul awal dan simple crochet bisa dilihat di video dibawah ini ya:


Selamat Merajut ^_^

You Might Also Like

0 komentar

Selma's Crochet

Flickr Images